Minggu, 19 Juni 2011

Manusia dan Peradaban (civilization)

Peradaban adalah kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu pada suatu masyarakat, yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi, dan spiritual. Kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu artinya mengalami sebuah proses perkembangan kemajuan kepada arah yang lebih baik.


Setiap masyarakat atau bangsa selalu berkedudayaan, tetapi tidak semuanya telah memiliki peradaban. Peradaban merupakan tahap tertentu dari kebudayaan masyarakat tertentu yang telah mencapai kemajuan tertentu yang dicirikan oleh tingkat ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang telah maju. Tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh: kemajuan teknologi yang dapat dilihat dari infrastruktur bangunan, sarana yang dibuat, lembaga yang dibentuk dll., ilmu pengetahuan dan tingkat pendidikan.

Peradaban=adab (akhlak). Manusia yang berperadaban adalah manusia yang berakhlak dan manusia yang berakhlak adalah manusia yang berperilaku sesuai dengan norma (sopan,berakhlak,beretika, dan berestetika). Bangsa yang beradab adalah bangsa yang tidik. Manusia adalah makhluk yang beradab sebab dianugrahi harkat, martabat serta adpotensi kemanusiaan yang tinggi. Lawan dari beradab adalah biadab/kebiadaban. Hal tersebut terjadi karena tidak bisa menyeimbangkan dan mengendalikan cipta, rasa, dan karsa yang dimilikinya.

Peradaban lahir sebagai respon (tanggapan) manusia yang dengan segenap daya upaya dan akalnya menghadapi, menaklukan dan mengolah alam sebagai tantangan (challenge) guna mencukupi kebutuhan dan melestarikan kelangsungan hidupnya. Penerapan teknologi bertujuan untuk memudahkan kerja manusia agar meningkatkan efisiensi dan produktifitas.

0 komentar:

Posting Komentar