Minggu, 19 Juni 2011

Sains dan Teknologi

Sains adalah ilmu pengetahuan yang teratur (sisitematis) yang dapat diuji kebenarannya sesuai dengan realita. Teknologi merupakan keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan. Sains dan teknologi dapat berkembang melalui penemuan (dicovery), penciptaan (invention), melalui berbagai  bentuk inovasi/pembaharuan dan rekayasa. Kegunaan IPTEKS bagi manusia sangat tergantung dari nilai, moral, norma, dan hukum yang mendasarinya. IPTEKS tanpa nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa IPTEKS mencerminkan keterbelakangan. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai kebutuhan bangunan. Teknologi dapat membawa bencana, sebaliknya juga telah terbukti bahwa bagi mereka yang dapat memanfaatkannya, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Dengan adanya kemajuan ilmu teknologi manusia dapat menciptakan perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan kehidupannya tesedia berbagai kemudahan.
Beberapa dampak negatif atas penyalahgunaan IPTEKS yang telah muncul antara lain dalam bidang:
1.    Informatika
     Kemajuan teknologi komputer dan informasi faktanya juga membuat dunia kejahatan makin canggih. Praktek-praktek pencurian melalui jaringan komputer dan internet, misalnya pembobolan bank, penipuan transaksi dagang via internet, bahkan pembocoran rahasia sebuah institusi atau negara, juga makin sering terjadi. Kemajuan teknologi komputer dan informasi ini juga memungkinkan seseorang bisa dirusak kehidupan pribadinya dengan cara penyebarluasan informasi yang tidak benar dan gambar yang direkayasa menggunakan komputer dan disebarkan melalui internet. Internet juga mempunyai dampak negatif bagi banyak anak muda yang dengan mudah mengakses situs pornografi dan informasi yang provokatif dan menghasut dari kelompok-kelompok tertentu.
2.    Persenjataan
     Akibat yang ditimbulkan senjata modern dan canggih, bisa menimbulkan kerugian dan kerusakan yang lebih besar atau korban yang jauh lebih banyak jumlahnya ketimbang senjata konvensional, juga karena dengan itu korban yang dibunuh dapat lebih banyak draipada perang tradisional. 
3. Biologi
     Adanya cloning, para ahli dapat menciptakan makhluk baru tanpa melalui pembiakan sebagaimana lazimnya. Dampak terburuk yang bisa terjadi bila praktek cloning manusia itu dibiarkan adalah kemungkinan hilangnya kesadaran bahwa mereka adalah makhluk ciptaan Tuhan.
4.    Medis
     Beberapa rumah sakit telah mempunyai peralatan medis yang mutahir. Dengan peralatan itu, rumah sakit dengan secara mudah menganjurkan pasien bahkan yang secara ekonomi tidak mampu untuk menjalani diagnosa dengan alat itu meski sebenarnya tidak perlu. Akibatnya mereka harus membayar mahal.
5.  Lingkungan hidup
            Kerusakan lingkungan hidup akibat pembangunan industri masih terus terjadi. Sistem pengelolaan limbah industri yang tidak ditata secara tepat dan baik, menyebabkan lingkungan bukan hanya kotor, tapi juga tercemar. Asap dari industri dan juga transportasi juga menyebabkan polusi udara yang mengakibatkan terjadinya penipisan lapisan ozon dan terjadinya pemanasan global.

0 komentar:

Posting Komentar